Jumat, 16 November 2012

kereta api doraemon

Kota di Jepang Luncurkan Trem Doraemon

TAKAOKA – Kota Takaoka di prefektur Toyama, Jepang, merayakan ulang tahun Doraemon, robot kucing futuristik yang merupakan salah satu karakter anime dan manga Jepang yang paling terkenal.
Dalam serial manga, Doraemon lahir pada 3 September 2112. Walau masih seratus tahun lebih cepat,  pemerintah kota bekerjasama dengan Fujiko Pro Co, untuk mempersembahkan mobil trem bertema Doraemon.
Bagi warga Takaoka, robot kucing biru itu merupakan sesuatu yang spesial karena sang pembuat manga Doraemon, Fujiko F. Fujio lahir di kota itu.
Dioperasikan perusahaan Manyosen yang berbasis jalan rel Takaoka, mobil trem itu awalnya berwarna merah, namun kini disulap menjadi bernuansa biru sesuai warna khas Doraemon. Garis merah dengan lonceng kuning menghiasi sepanjang badan dua mobil trem itu mirip seperti leher Doraemon.
Presiden Fujiko Pro Yoshiaki Ito dan Gubernur Takaoka Masaki Takahashi merayakan peluncuran mobil trem itu dengan upacara menggunting pita yang diselenggarakan di Stasiun Takaoka-Ekimae pada 8 September seperti dilansir dari laman Asahi Shimbun.
“Mobil trem elektrik ini didesain untuk mengekspresikan kecintaan kami pada Doraemon. Saya ingin semua orang menikmatinya,” kata Ito.
Mobil trem itu diubah sehingga benar-benar mewakili Doraemon. Pintunya dicat agar menyerupai “Pintu Ke Mana Saja”, perangkat modern Doraemon yang dapat mengantar ke manapun seperti diinginkan penggunanya.
Di dalam mobil itu, para penumpang disambut Doraemon, Nobita Nobi, dan karakter lain yang digambar di langit-langit mobil berwarna biru itu. Mereka semua terlihat bagai terbang di langit biru dengan menggunakan baling-baling bambu.
Mobil trem itu mengitari rute Takaoka-Ekimae dan stasiun Koshinokata 10 kali sehari. Keberadaan mobil trem itu dapat dipantau telepon genggam karena dilengkapi dengan GPS.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates